Harga Tukang Bangunan Renovasi Rumah di Solo Terbaik

Tukang Bangunan Renovasi Rumah di Solo Terbaik Oleh Solo Property, Kami memiliki tukang untuk bangun dan renovasi rumah yang ahli serta profesional dan berpengalaman untuk pembuatan rumah tinggal, renovasi kantor di kota Solo Jawa Tengah.

Renovasi Rumah Solo Terbaik
Renovasi Rumah Solo Terbaik

Solo Property perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa kontraktor bangunan profesional dan terpercaya. Bangun dan renovasi rumah di Solo akan lebih mudah dan cepat apabila anda mempercayakannya pada kami. Disamping itu, Arsitek kami sangat berpengalaman dalam merancang desain gambar kreatif dan team kontraktor Solo yang tentunya sesuai dengan keinginan Anda.

Alamat: Jl. Sutandiyo 050 Padokan RT 02 RW 04 Sawahan, Ngemplak, Boyolali, Jawa Tengah
Telp: 08812941957

PILIHAN TERBAIK UNTUK MEMPERCANTIK DAN MENGUBAH RUMAH IMPIAN ANDA

Rumah adalah tempat di mana jiwa kita merasa tenang, di mana cinta dan kehangatan keluarga bersemayam. Namun, seiring berjalannya waktu, rumah kita mungkin memerlukan sentuhan segar untuk mempertahankan pesonanya. Jika Anda berada di Solo dan merasa bahwa rumah Anda membutuhkan peremajaan atau renovasi, Solo Property adalah mitra terbaik Anda untuk menghadirkan perubahan yang menyegarkan dan memukau bagi rumah impian Anda.

MENGAPA MEMILIH SOLO PROPERTY?

Solo Property adalah perusahaan ternama yang telah lama berkecimpung dalam bidang properti di Solo. Dengan pengalaman yang solid dan tim profesional yang berdedikasi, Solo Property telah mencatatkan sejarah gemilang dalam memberikan layanan renovasi berkualitas tinggi dan melampaui harapan para klien.

Jasa Bangun Rumah
Jasa Bangun Rumah

Ketika Anda memilih Solo Property, Anda tidak hanya mendapatkan tukang bangunan biasa, tetapi tim ahli yang memiliki keahlian dalam berbagai bidang, termasuk arsitektur, desain interior, dan konstruksi. Ini berarti bahwa proyek renovasi Anda akan mendapatkan perhatian dari para ahli yang berpengalaman dan dapat menghadirkan solusi yang tepat dan inovatif sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup Anda.

LAYANAN BERKUALITAS TINGGI YANG DIJAMIN

Solo Property berkomitmen untuk memberikan layanan renovasi yang berkualitas tinggi dengan standar profesionalisme yang tinggi. Tim tukang bangunan kami adalah tenaga terlatih dan terampil yang memiliki keahlian dalam menghadapi berbagai tantangan renovasi rumah. Tidak peduli seberapa besar atau rumit proyek Anda, kami siap menghadapinya dengan semangat dan dedikasi tinggi.

Jasa Bangun Rumah di Solo
Jasa Bangun Rumah di Solo

Kami memahami bahwa setiap rumah memiliki karakteristik unik, dan oleh karena itu, kami menyesuaikan setiap proyek sesuai dengan keinginan dan anggaran Anda. Kami selalu berusaha memberikan solusi terbaik dan fleksibilitas agar setiap langkah perjalanan renovasi Anda berjalan dengan mulus dan tanpa hambatan.

DESAIN YANG INOVATIF DAN ELEGAN

Salah satu keunggulan Solo Property adalah kemampuan kami dalam menghasilkan desain yang inovatif dan elegan. Dari gaya klasik hingga modern, kami memiliki portofolio desain yang beragam yang dapat menjadi inspirasi untuk menciptakan ruang impian Anda. Tim desain interior kami memiliki perhatian untuk detail dan memahami bagaimana membuat ruang hidup Anda lebih fungsional, indah, dan nyaman.

MENGGUNAKAN BAHAN BERKUALITAS TERTINGGI

Kami percaya bahwa material yang digunakan adalah kunci keberhasilan renovasi yang tahan lama dan berkualitas. Oleh karena itu, Solo Property hanya menggunakan bahan berkualitas tertinggi yang telah teruji dan terbukti keandalannya. Dengan demikian, Anda dapat yakin bahwa proyek renovasi Anda akan bertahan lama dan tetap memukau dalam jangka waktu yang panjang.

KEPUASAN PELANGGAN ADALAH PRIORITAS KAMI

Kepuasan pelanggan adalah misi utama kami. Solo Property bangga dengan reputasi kami yang kuat dalam memberikan layanan pelanggan yang ramah, responsif, dan profesional. Dari awal hingga akhir proyek, Anda akan merasa didukung dan diinformasikan dengan baik tentang perkembangan renovasi rumah Anda.

Kontraktor Renovasi Rumah Solo Terbaik
Kontraktor Renovasi Rumah Solo Terbaik

Jangan ragu untuk menghubungi Solo Property jika Anda berencana untuk merenovasi rumah Anda di Solo. Kami adalah mitra yang andal dan berpengalaman dalam membawa impian rumah Anda menjadi kenyataan yang menakjubkan. Dengan Solo Property, Anda tidak hanya mendapatkan renovasi rumah, tetapi juga investasi dalam kebahagiaan dan kenyamanan keluarga Anda.

Properti SoloJual Properti SoloBeli Properti SoloJual Rumah SoloBeli Rumah SoloProperti DijualRumah Dijual SoloApartemen Dijual SoloRuko Dijual SoloTanah Dijual SoloGudang Dijual SoloKantor Dijual SoloPabrik Dijual Solo

Biaya renovasi rumah 2 lantai boleh jadi akan menghabiskan hampir seluruh tabungan Anda. Atau pertimbangan lainnya adalah mendapatkan dana renovasi dengan mengajukan kredit renovasi rumah ke bank. Terlepas dari mana sumber dananya, yang paling penting adalah pastikan sudah menghitung secara rinci biaya renovasi rumah sebelum proses pembangunan dilakukan.

dak-panel-solo
dak-panel-solo

Untuk itu, disarankan membuat Rencana Anggaran Biaya (RAB) yang mencakup seluruh aspek, bahkan sampai ke urusan lampu dan kabel listrik. Hal tersebut sangat berguna bagi Anda dalam mengetahui kualitas material apa saja yang nantinya digunakan. Lalu berapa perkiraan biaya renovasi rumah 2 lantai berikut tips mengatur bujetnya? Simak semuanya dalam artikel berikut ini.

  1. Estimasi Biaya Renovasi Rumah 2 Lantai Sesuai Tipe Rumah
  2. Rincian Biaya Renovasi Rumah 2 Lantai Per Ruangan
  3. Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Saat Renovasi Rumah
  4. Tips Mengatur Bujet Renovasi Rumah 2 Lantai

ESTIMASI BIAYA RENOVASI RUMAH 2 LANTAI SESUAI TIPE RUMAH

Tanah seluas 50m2 pun bisa dikembangkan menjadi rumah dua lantai dengan empat kamar tidur. Sumber: Istimewa
Keuntungan punya rumah 2 lantai adalah Anda bisa mendapatkan spesifikasi ruang yang lebih luas dan banyak. Padahal jika dilihat dari ukuran tanah, tidak ada perbedaan. Semisal, luas bangunan rumah Anda hanya 72 meter persegi. Maka dengan adanya tambahan lantai, luas area bisa menjadi 144 meter persegi.

Oleh karenanya, tanah seluas 50m2 pun bisa dikembangkan menjadi rumah satu lantai dengan dua kamar tidur, atau pilihannya menjadi rumah dua lantai namun memiliki empat kamar tidur. Tak jarang, itulah latar belakang sebagian orang memutuskan untuk melakukan renovasi rumah dari satu lantai menjadi dua lantai.

TIPE 36

Rumah tipe 36 biasanya berdiri di atas lahan seluas 60m2. Pada rumah tipe ini, ciri khas bangunan terdiri dari dua kamar tidur, satu kamar mandi, ruang keluarga yang menyatu dengan ruang makan, dan dapur berukuran sederhana. Maka dari itu, jika ingin merenovasi tipe 36 menjadi rumah dua lantai, total luas bangunan bisa menjadi 72m2. Berikut estimasi biaya renovasi rumah 2 lantai dari tipe 36.

Jenis pekerjaan
Biaya
Dak rumah dengan beton ready mix K225
Rp820.000 – Rp845.000 per m3
Pasang dinding hebel 10cm
65.000 per m2
Plester dan acian instan
55.000 per m2
Struktur kolom 15×15 6D13 (3,8m)
4.900.000 per m3
Struktur balok 15×20 6D10 (2,6m)
4.900.000 per m3
Struktur sloof 15×20 6D10 (2,6m)
4.900.000 per m3
Pondasi lantai 2
315.000 per m2
Lantai (keramik, perekat, nat)
210.000 per m2
Rangka hollow dan plafon gypsum
135.000 per m2
Rangka baja ringan
150.000 per m2
Cat dinding interior
1.200.000
Cat dinding plafon
300.000
Instalasi listrik dan panel
1.500.000
Instalasi pumbling dan sanitair
1.300.000

Jika dikalikan dengan luas bangunan di lantai 2 yakni 36m2, maka estimasi biaya renovasi rumah 2 lantai mencapai Rp126 juta – Rp144 juta dengan spesifikasi material standar. Pondasi standar menggunakan batu kali, sedangkan dinding bisa menggunakan bata dengan kualitas yang lebih baik. sebagai pengikat, gunakan satu bagian semen pada lima bagian pasir supaya dinding lebih kuat.

Rangka hollow yang digabungkan dengan gypsum bisa menjadi alternatif peningkatan dari eternit. Sedangkan untuk genteng, bisa gunakan genteng tanah liat kualitas nomor satu. Lantai bisa menggunakan granit ukuran 60×60. Untuk pelengkap, bisa gunakan pelengkap dengan kualitas kelas dua, terutama dari kayu untuk pintu, jendela, dan kusen.

harga panel dak lantai lengkap

TIPE 45

Tak beda jauh, pada rumah tipe 45 juga kebanyakan berdiri di atas lahan seluas 60m2 atau 72m2. Pada rumah tipe ini, ciri khas bangunan terdiri dari dua kamar tidur, satu kamar mandi, ruang keluarga, ruang makan, dan dapur yang sedikit lebih lega. Maka dari itu, jika ingin merenovasi tipe 45 menjadi rumah dua lantai, total luas bangunan bisa menjadi 90m2. Berikut estimasi biaya renovasi rumah 2 lantai dari tipe 45.

Jenis pekerjaan
Biaya
Dak rumah dengan beton ready mix K225
Rp820.000 – Rp845.000 per m3
Pasang dinding hebel 10cm
65.000 per m2
Plester dan acian instan
55.000 per m2
Struktur kolom 15×15 6D13 (3,8m)
4.900.000 per m3
Struktur balok 15×20 6D10 (2,6m)
4.900.000 per m3
Struktur sloof 15×20 6D10 (2,6m)
4.900.000 per m3
Pondasi lantai 2
315.000 per m2
Lantai (keramik, perekat, nat)
210.000 per m2
Rangka hollow dan plafon gypsum
135.000 per m2
Rangka baja ringan
150.000 per m2
Cat dinding interior
1.200.000
Cat dinding plafon
300.000
Instalasi listrik dan panel
1.500.000
Instalasi pumbling dan sanitair
1.300.000

ika dikalikan dengan luas bangunan di lantai 2 yakni 45m2, maka estimasi biaya renovasi rumah 2 lantai mencapai Rp157 juta – Rp180 juta dengan spesifikasi material standar. Pondasi standar menggunakan batu kali, sedangkan dinding bisa menggunakan bata dengan kualitas yang lebih baik. sebagai pengikat, gunakan satu bagian semen pada lima bagian pasir supaya dinding lebih kuat.

Rangka hollow yang digabungkan dengan gypsum bisa menjadi alternatif peningkatan dari eternit. Sedangkan untuk genteng, bisa gunakan genteng tanah liat kualitas nomor satu. Lantai bisa menggunakan granit ukuran 60×60. Untuk pelengkap, bisa gunakan pelengkap dengan kualitas kelas dua, terutama dari kayu untuk pintu, jendela, dan kusen.

TIPE 72

Pada tipe selanjutnya yakni tipe 72, utamanya lahan memiliki luas antara 78-100m2. Sebab luas bangunan lebih memadai, maka rumah tipe ini bisa mengakomodir tiga kamar tidur, dua kamar mandi, ruang keluarga, ruang makan, dapur cukup luas, serta taman di area belakang. Maka dari itu, jika ingin merenovasi tipe 72 menjadi rumah dua lantai, total luas bangunan bisa menjadi 144m2. Berikut estimasi biaya renovasi rumah 2 lantai dari tipe 72.

Jenis pekerjaan
Biaya
Dak rumah dengan beton ready mix K225
Rp820.000 – Rp845.000 per m3
Pasang dinding hebel 10cm
65.000 per m2
Plester dan acian instan
55.000 per m2
Struktur kolom 15×15 6D13 (3,8m)
4.900.000 per m3
Struktur balok 15×20 6D10 (2,6m)
4.900.000 per m3
Struktur sloof 15×20 6D10 (2,6m)
4.900.000 per m3
Pondasi lantai 2
315.000 per m2
Lantai (keramik, perekat, nat)
210.000 per m2
Rangka hollow dan plafon gypsum
135.000 per m2
Rangka baja ringan
150.000 per m2
Cat dinding interior
1.200.000
Cat dinding plafon
300.000
Instalasi listrik dan panel
1.500.000
Instalasi pumbling dan sanitair
1.300.000

Jika dikalikan dengan luas bangunan di lantai 2 yakni 72m2, maka estimasi biaya renovasi rumah 2 lantai mencapai Rp252 juta – Rp288 juta dengan spesifikasi material standar. Pondasi standar menggunakan batu kali, sedangkan dinding bisa menggunakan bata dengan kualitas yang lebih baik. sebagai pengikat, gunakan satu bagian semen pada lima bagian pasir supaya dinding lebih kuat.
Rangka hollow yang digabungkan dengan gypsum bisa menjadi alternatif peningkatan dari eternit. Sedangkan untuk genteng, bisa gunakan genteng tanah liat kualitas nomor satu. Lantai bisa menggunakan granit ukuran 60×60. Untuk pelengkap, bisa gunakan pelengkap dengan kualitas kelas dua, terutama dari kayu untuk pintu, jendela, dan kusen.

Merenovasi rumah 2 lantai memang perlu usaha yang lebih ekstra. Selain itu mempersiapkan bujet juga sangat diperlukan.

Perusahaan Kontraktor Renovasi Rumah Solo Terbaik Harga Paling Murah
Perusahaan Kontraktor Renovasi Rumah Solo Terbaik Harga Paling Murah

RINCIAN BIAYA RENOVASI RUMAH 2 LANTAI PER RUANGAN

Trik menekan biaya renovasi rumah 2 lantai adalah gunakan jasa pemborong. Sumber: Pexels – Rene Asmussen
Berapa biaya renovasi rumah per m2? Rata-rata biaya renovasi rumah setara dengan membangun rumah yakni antara Rp2.500.000 – Rp4.000.000 per meter persegi, bergantung pada kualitas dan merek material yang digunakan. Berikut rincian biaya renovasi rumah 2 lantai per ruangan yang bisa dijadikan patokan.

Pemborong Renovasi Rumah Solo Terbaik Harga Paling Murah
Pemborong Renovasi Rumah Solo Terbaik Harga Paling Murah

BIAYA RENOVASI KAMAR TIDUR

Pada kamar tidur seluas 3×4 m2, maka rincian biaya bisa berbeda terkait letak kamar itu berada. Jika membuat kamar di lantai dua seperti membangun dari awal, diperlukan pondasi, plat lantai beton, dinding, plafon, atap dan bukaan pintu jendela. Sehingga perkiraan biayanya mulai dari Rp5 juta per meter persegi di area Solo.

Sedangkan untuk kamar di area sudut ruang keluarga atau area yang sudah ada lantai, plafon dan atap, maka untuk renovasi kamar diperlukan dinding dan bukaan pintu jendela. Estimasi biaya renovasi kamar tidur pun mulai dari Rp2,5 juta per meter persegi di area Solo.

Lain halnya jika ingin merenovasi kamar pada area void lantai dua. Sebab sudah ada plafon dan atap, maka untuk membentuk kamar diperlukan lantai, dinding dan bukaan pintu jendela. Untuk renovasi kamar tidur ini, diperkirakan biayanya mulai dari Rp3,5 juta per meter persegi di area Solo.

renovasi rumah solo
renovasi rumah solo

BIAYA RENOVASI DAPUR

Jika Anda memiliki dana terbatas namun daerah dapur rumah Anda sudah butuh untuk dilakukan renovasi akibat kebocoran air yang mengakibatkan tampilan dapur Anda menjadi kotor, maka tidak ada salahnya untuk hanya melakukan melakukan perbaikan talangan air dan renovasi di bagian dapur saja. Melansir laman Sejasa, berikut perkiraan biaya renovasi dapur.

BIAYA RENOVASI KAMAR MANDI

Jika berencana melakukan renovasi untuk kamar mandi saja, maka berikut perkiraan biaya di bawah Rp10 juta.
Material
Harga
Cat dinding
Rp300.000
Keramik dinding
Rp1.500.000
Semen
Rp350.000
Keramik lantai
Rp150.000
Shower
Rp450.000
Kloset duduk
Rp700.000
Cermin
Rp150.000
Gantungan handuk
Rp130.000
Tempat sabun
Rp150.000
Upah pekerja bangunan untuk 2 orang selama 7 hari @150.000
Rp2.100.000
Keseluruhan biaya renovasi kamar mandi
Rp5.980.000,-
pemborong-renovasi-rumah-solo
pemborong renovasi rumah solo

BIAYA RENOVASI RUANG TAMU

Dalam rangka ingin suasana baru, mungkin Anda berencana merenovasi ruang tamu menjadi lebih menawan. Simak perhitungan biaya renovasi ruang tamu dengan bujet di bawah Rp10 juta.
Jenis pekerjaan
Biaya
Biaya konstruksi:
● Daun pintu kayu
● 1 Set jendela kusen
● 6 Sak semen (6 x Rp 54.000)
● Keramik lantai (25m2 x Rp 49.000)
● 6 Sak pasir (6 sak x Rp 100.000)
Rp4.499.000
Biaya dekorasi:
● Gorden
● Sofa dan meja ruang tamu
● Lampu ruang tamu
● Karpet
● Hiasan dinding
● Dekorasi lainnya
Rp3.380.000
Biaya tukang 2 orang x 7 hari x Rp150.000
Rp2.100.000
Keseluruhan biaya renovasi ruang tamu
Rp9.979.000,-

Biaya renovasi rumah terdiri dari beberapa komponen yang perlu ditentukan sedari awal. Kesalahan umum yang terjadi pada biaya renovasi rumah biasanya tidak melakukan pengawasan yang ketat terhadap pengeluaran.

HAL-HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN SAAT RENOVASI RUMAH

Apabila ingin tahap persiapan desain ini lebih maksimal, bisa menggunakan jasa arsitek atau desainer interior. Sumber: Istimewa
Seyogyanya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat renovasi rumah. Mulai dari bujet yang dibutuhkan untuk renovasi, hingga area-area yang ingin diperbarui sesuai dengan keinginan Anda. Jika Anda berencana ingin merenovasi rumah dalam waktu dekat, maka persiapkan desain yang diinginkan, lakukan diskusi dengan keluarga Anda mengenai area yang akan direnovasi.

Apabila Anda ingin tahap persiapan desain ini lebih maksimal, Anda bisa menggunakan jasa arsitek atau desainer interior untuk membantu mendesain area yang ingin direnovasi. Hasil renovasi pastinya akan terjamin dan sebanding dengan biaya yang Anda keluarkan.
Setelah tahap pre desain dan desain, tahap selanjutnya adalah persiapan. Pada tahap ini Anda bisa menentukan jasa kontraktor yang akan membantu dalam proses renovasi. Pada tahap ini Anda bisa melakukan negosiasi harga dan membuat perjanjian tertulis. Jika Anda memiliki bujet terbatas, Anda bisa mencari kontraktor yang menyediakan renovasi skala kecil.

Selanjutnya, bila sudah mendapatkan kontraktor yang sesuai Anda bisa langsung pada proses renovasi. Dengan melakukan pembongkaran pada area-area yang sudah ditentukan. Lakukan kurasi pada material yang dibongkar yang akan dibuang dan yang digunakan kembali. Lalu, masuk ke dalam pekerjaan struktur, seperti membangun pondasi baru, kolom, dan balok.

jasa pasang gypsum solo
jasa pasang gypsum solo

TIPS MENGATUR BUJET RENOVASI RUMAH 2 LANTAI

Buatlah skala prioritas untuk menentukan area mana saja yang wajib untuk direnovasi. Sumber: Istimewa
Merenovasi rumah dari satu lantai menjadi 2 lantai biasanya dilakukan bila Anda membutuhkan ruangan tambahan di rumah, atau ingin memperluas area hunian Anda. Namun merenovasi rumah juga bisa dilakukan bila Anda merasa desain rumah Anda sudah tidak menarik lagi atau ketinggalan zaman.

Namun jangan sembarang merenovasi rumah bila Anda tidak ingin mengeluarkan biaya dengan sia-sia. Ada beberapa tips dan trik yang bisa Anda lakukan untuk menekan bujet renovasi rumah 2 lantai supaya lebih efektif.

  • Buatlah skala prioritas, cara ini dilakukan untuk menentukan area mana saja yang wajib untuk direnovasi dengan menentukan skala prioritasnya. Selain itu, Anda juga jadi merencanakan dengan matang ruangan mana saja yang harus direnovasi. Sehingga Anda bisa mempersiapkan bujet dengan seksama.
  • Untuk menekan bujet renovasi, jika Anda termasuk orang yang mandiri Anda bisa melakukan kegiatan renovasi sendiri. Salah satunya adalah mengecat dinding rumah, hal ini bisa Anda lakukan dengan mudah.
  • Trik lainnya untuk menekan bujet renovasi, Anda bisa menggunakan jasa pemborong. Jasa ini akan lebih mudah bila dibandingkan dengan menggunakan jasa kontraktor. Namun saat menggunakan jasa pemborong, jangan lupa untuk membuat surat perjanjian kontrak kerjanya ya.
  • Nah, jika Anda memilih untuk menggunakan jasa pemborong. Ada dua sistem upah yang perlu Anda ketahui yaitu sistem upah borongan dan harian.
  • Sistem upah harian dibayarkan berdasarkan waktu.
  • Setiap pekerja akan dibayar sesuai dengan jumlah hari ia bekerja.
  • Jika menggunakan sistem upah borongan, ia akan dibayar sesuai dengan besarnya total biaya upah yang telah disepakati.
  • Jika Anda memiliki bujet terbatas, pilihlah barang alternatif dengan harga yang lebih bersahabat. Sehingga Anda tidak perlu memaksakan membeli material atau barang dengan harga di luar bujet yang membuat biaya renovasi Anda membengkak.

Baca Juga: