Info berita Seputar Kota Solo

Info berita Seputar Kota Solo, Kamu ingin tahu segala info berita seputar Kota Solo? Ayo nikmati berita terkini dan update dari Kota Solo di Info Seputar Kota Solo! Dapatkan informasi berita terbaru dan up-to-date hanya di sini. Jangan lewatkan kesempatanmu untuk tahu apa yang terjadi di Kota Solo!

Info berita Seputar Kota Solo

Kota Solo adalah salah satu kota terbesar di Indonesia. Kota ini yang terletak di daerah Jawa Tengah dan merupakan ibu kota Provinsi Jawa Tengah. Kota ini dikenal karena sejarahnya yang kaya dan tempat-tempat wisata yang indah.

Kota Solo memiliki berbagai tempat wisata yang menarik. Salah satu tempat wisata yang terkenal adalah kuil Sam Poo Kong. Kuil ini merupakan tempat suci kuno yang dibangun oleh raja Majapahit pada abad ke-14. Kuil ini menjadi tempat ibadah bagi masyarakat Tionghoa yang tinggal di daerah Solo. Selain itu, Kota Solo juga memiliki wahana wisata seperti Taman Sriwedari, Taman Pintar, dan Kebun Binatang.Selain itu, Kota Solo juga memiliki beberapa tempat sejarah yang menarik. Salah satunya adalah Museum Radya Pustaka. Museum ini berisi koleksi-koleksi karya seni, buku-buku, dan koleksi-koleksi lainnya. Museum ini juga menyimpan banyak informasi tentang sejarah dan budaya Kota Solo.
 

Kota Solo juga menjadi salah satu kota di Indonesia yang memiliki berbagai festival. Salah satu festival yang paling terkenal adalah Festival Solo. Festival ini diadakan setiap tahun di bulan Juli dan Agustus. Festival ini menampilkan berbagai pertunjukan budaya dan seni, seperti tarian, musik, dan lain-lain.

Kota Solo juga memiliki berbagai tempat makan yang menyajikan berbagai masakan khas. Salah satu tempat makan yang terkenal adalah Sate Klathak Pak Pong. Sate ini adalah makanan khas Kota Solo yang terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan bumbu kacang. Selain itu, di Kota Solo juga banyak ditemukan berbagai masakan khas Jawa Tengah, seperti gudeg, soto, dan lain-lain.

Kota Solo merupakan kota yang memiliki berbagai keindahan alam dan sejarah. Kota ini juga memiliki berbagai tempat wisata, tempat sejarah, dan tempat makan yang menarik. Jadi, jika Anda ingin mencari tempat untuk berlibur, Kota Solo adalah tempat yang sempurna.

Info berita Seputar Kota Solo
1. Aktivitas sosial di Kota Solo
2. Perkembangan ekonomi Kota Solo
3. Berita tentang kebudayaan dan kegiatan di Kota Solo
4. Peristiwa penting yang terjadi di Kota Solo
5. Pemimpin dan tokoh-tokoh penting di Kota Solo
6. Acara-acara menarik di Kota Solo
7. Proyek pembangunan yang sedang berlangsung di Kota Solo
8. Program-program sosial yang sedang berlangsung di Kota Solo
9. Kondisi lingkungan hidup di Kota Solo
10. Perkembangan infrastruktur di Kota Solo

 

Selamat Datang di Kota Solo Atau Surakarta

Siapa yang tidak mengenal Solo? Solo atau orang sering mengenal juga dengan Surakarta adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Solo terletak di antara dua gunung berapi yang terkenal, yaitu Gunung Merapi disebelah utaranya dan Gunung Lawu di sebelah tenggaranya.

Sungai Bengawan Solo, sungai terpanjang di Jawa yang legendaris juga mengalir melalui Solo. Letak geografis Solo berada diantara atau di apit oleh kota-kota besar di pulau Jawa, seperti Yogyakarta, Semarang, dan Surabaya.

Hal ini memberikan keuntungan strategis bagi kota Solo yang membuatnya menjadi pusat aktivitas ekonomi dan pariwisata. Kota dengan luas 44 km persegi ini menjadi pusat budaya Jawa saat ini. Kendatipun kota ini telah berkembang menjadi kota modern, namun tradisi leluhur masih erat dipelihara begitu juga dengan peninggalan bersejarahnya. Warga kota Solo sangat ramah dan bahasa Jawa adalah bahasa sehari-hari warga Solo.

Kota budaya ini sering sekali mengadakan pergelaran kesenian dan pawai budaya. Tidak heran jika kemudian menarik banyak wisatawan untuk berkunjung. Tidaklah heran jika Solo memiliki slogan “The Spirit of Java”.

Tempat-tempat wisata favorite di Solo yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan adalah Keraton Kasunanan Surakarta, Pasar Klewer, dan Benteng Vastenburg. Dan tentunya masih banyak lagi destinasi wisata menarik lainnya baik wisata alam atau wisata budaya.

Mencicipi kuliner adalah hal wajib yang para wisatawan harus lakukan saat mengunjungi suatu destinasi wisata. Bagi wisatawan yang berada di Solo, ada beberapa menu lokal yang sangat nikmat untuk dicicipi, antara lain: bistik solo, selat solo, garang asem, tengkleng, sosis solo, dan nasi liwet. Jangan kwatir dengan harga, semua dijamin murah.

kota Batik yang mempesona dan elegan memang cocok di kota Solo. Kultur budaya yang santun khas keraton akan terasa di setiap elemen masyarakat aslinya.

Secara formal kota Solo disebut sebagai kota Surakarta, tidak sedikit juga yang menyebut kota ini dengan nama Kartasura. Nama solo atau Sala sendiri lebih dikenal masyarakat karena memang lebih sering diucapkan.

kota dengan penduduk terpadat ketiga setelah Bandung dan Malang di Jawa bagian selatan ini bisa dibilang cukup maju dan berkembang. Tidak hanya dari sisi pembangunannya tapi juga aspek budaya yang dimiliki.

Batik khas Solo dan keraton kasunanan Surakarta tetap terjaga dengan baik. Bahkan tidak jarang daerah sekitar kota Solo yang dulu masuk daerah karesidenan Surakarta tetap disebut bagian dari Solo.

Kabupaten Karanganyar misalnya, kabupaten ini masih dikenal bagian dari Karesidenan Surakarta. Padahal telah menjadi daerah otonom tersendiri.

Meskipun memiliki keraton, pemerintahan kota Solo dipimpin oleh Walikota. Keluarga keraton dan bangunan keraton lainnya kini menjadi pusat pengembangan seni dan budaya Solo.

Itulah mengapa daya tarik budaya yang ditawarkan Solo dan sekitarnya mampu menarik banyak wisatawan datang. Bahkan tidak sedikit yang wisatawan yang rela rental mobil terdekat untuk mengelilingi tempat menarik di Solo.

Menjelajah Solo dengan Mobil

Menjadi salah satu kota tujuan wisata di daerah Jawa Tengah, Solo menyimpan banyak keindahan. Mulai dari wisata budaya, sejarah, kuliner sampai belanja murah semua tersedia di Solo.

Keindahan alam di sekitar Solo pun sayang untuk dilewatkan begitu saja. Meskipun jarang dilalui kendaraan umum, Anda tetap bisa mencapai tempat-tempat wisata ini dengan mengendarai Mobil.

Jalanan kecil menanjak, cuaca panas maupun hujan tidak bisa menghalangi perjalanan Anda. Liburan Anda bersama keluarga tentu jadi lebih nyaman dan aman.

Tidak punya mobil untuk perjalanan keliling Solo? bukan masalah. Banyak rental mobil Solo murah yang bisa Anda pilih untuk mengatasi masalah tersebut.

Berbagai jenis mobil yang tersedia bisa Anda kendarai. Mobil sedan exclusive, mobil keluarga atau mobil SUV seperti Pajero siap untuk Anda gunakan berkeliling Solo sesuai kebutuhan.

Kapanpun Anda butuhkan sekarang layanan sewa mobil Solo lepas kunci lebih mudah didapatkan. Anda bisa pesan secara online melalui website, pilih mobil, durasi sewa, hingga request antar mobil semua bisa.

Perjalanan Anda akan lebih nyaman bersama sopir lokal berpengalaman yang tersedia. Kemanapun Anda pergi dan jalan yang Anda lalui akan tetap aman dengan sopir yang tahu jalan.

Kota Solo dinamakan dengan “The City of Batik”. Kota ini memang sangat terkenal dengan batiknya. Ketika Anda berada Solo, Anda dapat dengan mudah menemukan berbagai batik dengan corak yang beragam.

Kampung Kauman dan Laweyan adalah destinasi belanja batik yang termasyur di Solo. Anda juga bisa menuju ke Pasar Klewer untuk mencari batik. Disini Anda akan menemukan puluhan pedagang batik traditional.

 

1. Keraton Kasunanan Surakarta

Keraton Kasunanan Surakarta menjadi destinasi utama oleh para wisatawan. Tercatat dalam sejarah bahwa keraton ini di bangun oleh Sunan Paku Buwono II pada tahun 1745. Kasunanan Surakarta ini menjadi icon wisata di kota Solo.

Disamping dibangun dengan arsitektur yang eksotis, keraton ini juga memiliki banyak cerita yang dapat para wisatawan dengarkan dari guide yang berada di lokasi ini.
Istana ini hingga saat ini masih digunakan sebagai kediaman oleh keluarga raja.

Keraton Kasunanan Surakarta merupakan pusat budaya di Solo. Museum Sasono Sewoko yang berada didalamnya menjadi destinasi utama saat para wisatawan mengujungi istana ini.

Disini kita bisa menyaksikan barang-barang antik milik keraton yang tersimpan seperti kursi, senjata, foto-foto raja, arca kuno, wayang, gamelan, dan sebagainya.

Jika berkunjung di waktu yang tertentu, para wisatawan juga bisa menyaksikan berbagai ritual keagamaan dan budaya seperti Sekaten dan Kirab Pusaka 1 Suro.

Keraton Kasunanan Surakarta dapat ditemukan di pusat kota. Anda dapat dengan mudah mencapainya dengan menggunakan sewa mobil. Objek wisata ini buka setiap Senin – Kamis pukul 09:00 – 14:00, Sabtu – Minggu pukul 09:00 – 17:00, dan Jumat libur.

Tempat ini sangat sakral, sehingga wisatawan yang ingin berkunjung diwajibkan untuk mengikuti sejumlah peraturan yang berlaku.

2. Air Terjun Grojogan Sewu

Air Terjun Grojogan Sewu adalah salah satu dari beberapa destinasi wisata alam yang terkenal di kota Solo. Destinasi ini menjadi ikon wisata Kota Solo yang memberikan suasana alam dengan udara yang masih sejuk dan segar.

Lokasi dari air terjun ini berada di lereng Gunung Lawu. Tepatnya di Desa Sepanjang, Tawangmangu, Karanganyar.

Anda bisa mencapai lokasi ini dengan berkendara. Jarak tempuhnya sekitar sekitar 37 kilometer dari pusat Kota Solo. Untuk mendatangi tempat ini, sebaiknya wisatawan menggunakan jasa rental mobil agar perjalanan lebih nyaman dan aman.

Untuk bisa sampai ke spot air terjun, wisatawan harus menaiki ratusan buah anak tangga. Anda perlu berhati-hati melangkah karena beberapa bagian dari anak tangga cukup licin karena tertutup lumut.

3. Kampung Batik Kauman

Batik Solo memang terkenal. Batik Solo telah dikenal oleh orang hingga seluruh dunia. Oleh karena itu, satu hal yang tak boleh terlewatkan oleh para wisatawan saat bertamasya ke Solo adalah menyaksikan berbagai kerajinan batik di Kampung Batik Kauman.

Menurut catatan sejarah, penduduk Kampung Batik Kauman adalah abdi dalem yang sudah dilatih untuk membuat jarik dan selendang batik. Oleh karena itu, motif batik khas Kampung Kauman adalah motif pakem klasik. Oleh penduduk lokal disebutnya sebagai batik tulis. Motif tersebut sering dikenakan oleh keluarga keraton.

4. Ngarsopuro Night Market Solo

Adalah Ngarsopuro salah satu pasar malam yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan di Solo. Pasar malam ini berada di sepanjang Jalan Diponegoro, Keprabon, Banjarsari, Surakarta atau tepat di sebelah Pura Mangkunegaran.

Karena lokasinya berada di tengah kota, Ngarsopuro menjadi tempat favorite nongkrong para anak muda Kota Solo.

5. Benteng Vastenburg

Kalau di Yogyakarta terdapat Benteng Vredeburg, maka di Solo juga terdapat benteng yang terkenal yaitu Benteng Vastenburg. Benteng ini menjadi salah satu bangunan cagar budaya yang di lindungi oleh pemerintah Solo dan tealah berdiri sejak 1745.

Pada awal berdirinya, nama Benteng Vastenburg adalah Grootmoedigheid yang memiliki makna sombong. Benteng yang dibangun oleh pemerintah Belanda pada saat pemerintahan Gubernur Jendral Baron van Imhoff ini memiliki lokasi yang tak jauh dari Keraton Kasunanan Surakarta dan Balai Kota Solo.

Tujuan dari dibuatnya benteng ini oleh pemerintah Kompeni adalah untuk mengawasi kegiatan di Keraton Kasunanan Surakarta sejak pemerintahan Paku Buwono III.

Pada 1775, benteng ini kemudian diperlebar dan diganti namanya menjadi Vastenburg atau istana yang dikelilingi tembok kuat yang tinggi. Namun, setelah Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya benteng kemudian dialih fungsi menjadi markas TNI.

Benteng ini telah dijadikan destinasi wisata untuk mempelajari sejarah di masa penjajahan, sekaligus menanamkan semangat nasionalisme.

Setelah para wisatawan cukup mengetahui sejarah Benteng Vastenburg, mereka bisa langsung mampir ke Pusat Grosir Solo (PGS) dan Benteng Trade Center (BTC) yang berada tak jauh dari benteng.

Dengan harga yang dijamin murah, kedua tempat belanja ini bisa memberikan pengalaman belanja yang mengesankan bagi para wisatawan.

6. The Lawu Park

The Lawu Park merupakan destinasi wisata alam yang diperuntukan untuk rekreasi dan edukasi keluarga.

Lokasi wisata ini berada di ketinggian sehingga pengunjung bisa bersantai sambil menikmati panorama Gunung Lawu yang mempesona dan hutan pinus yang hijau dan indah.

Tak sekadar pesona pemandangan alam yang sejuk serta menghijau, The Lawu Park juga memiliki dan menawarkan banyak wahana permainan modern maupun tradisional. Disini para pengunjung bisa bermain flying fox, skywalk, egrang, gledekan (motor yang dirakit dari kayu), dan lainnya.

Objek wisata ini juga menawarkan taman bermain yang berwujud tematik, seperti Taman Kelinci, Taman Cempe, Taman Jepang, dan sebagainya.

Di The Lawu Park anda akan menemukan berbagai spot berfoto yang menarik dan unik. Wisatawan juga bisa menginap di lokasi ini karena The Lawu Park memiliki glamping dengan kualitas fasilitas setara hotel.

Bagi wisatawan yang ingin mengunjungi tempat wisata ini berada di Jalan Tawangmangu – Magetan KM 9, Bulakrejo, Gondosuli, Tawangmangu, Karanganyar. Perjalanan dari Kota Solo ke sini menempuh waktu sekitar 60 – 80 menit dengan jasa rental mobil Solo.

7. The Heritage Palace

The Heritage Palace merupakan bangunan yang dulunya adalah Pabrik Gula Gembongan, Kartasura. Kemudian, tempat ini direvitalisasi menjadi objek wisata. Pabrik yang juga dikenal sebagai Pabrik Gula Kartasura ini telah berdiri pada 1892 dan kemudian dijadikan dan diresmikan sebagai tempat wisata pada Juni 2018.

The Heritage Palace merupakan tempat wisata yang mampu menarik banyak pengunjung. Arsitektur bangunan yang mengadopsi gaya bangunan ala Eropa klasik yang megah menjadi daya tarik utama dari tempat ini.

Berbagai atraksi menarik lainnya yang dapat pengunjung saksikan adalah Museum 3D Trick Art, Museum Transportasi, Museum Industri, pusat oleh-oleh dan suvenir, hingga food street. Bertempat di Jalan Permata Raya Dukuh Tegal Mulyo, Pabelan, Kartasura, Sukoharjo.

The Heritage Palace dapat dikunjungi setiap hari pukul 09:00 – 18:00. Wisatawan yang ingin masuk ke tempat wisata ini akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp. 55.000 per orang.

 

Berkeliling Solo Dengan Mobil

Solo menyimpan banyak pesona keindahan yang menjadikan kota ini layak untuk dikunjungi. Solo memiliki berbagai destinasi wisata mulai dari wisata alam, budaya, kuliner, belanja serta religi. Dengan tersebarnya tempat wisata di Solo ini, para wisatawan akan memerlukan sarana transportasi untuk mengunjungi setiap objek wisata tersebut.

Mengendarai mobil menjadi pilihan tepat untuk berkeliling dan menjelajahi tempat-tempat yang jauh serta terpencil. Seperti misal Air Terjun Grojogan Sewu serta The Lawu Park yang sulit dijangkau oleh kendaraan umum.

Dengan menyewa mobil, anda akan mendapatkan kenyamanan serta keleluasaan terutama jika anda berpergian dengan anggota keluarga. Kenyamanan ini tidak mungkin anda dapatkan jika mengandalkan transportasi umum.

Anda juga tidak akan mendapatkan kesulitan untuk mendapatkan mobil yang baik. Ada banyak rental mobil di Solo yang menyediakan berbagai jenis pilihan mobil. Untuk pemesananpun gampang karena anda bisa melakukannya secara online sehingga anda tidak harus mendatanginya secara langsung.

Saat Terbaik Mengunjungi Solo

Untuk mendapatkan moment terbaik berwisata ke Solo, para wisatawan perlu mengetahui kapan sebaiknya mereka mengunjungi Solo. Berwisatalah ke Solo saat waktu-waktu berikut ini:

Musim liburan sekolah (Juni dan Juli) adalah saat terbaik untuk mengunjungi Solo karena waktu ini adalah puncak keramaian Kota Solo. Selain saat-saat bulan tersebut, Solo juga menjadi ramai dikunjungi para wisatawan ketika akhir tahun.
Jika anda mengunjungi kota Solo pada Januari dan Februari, maka kota ini akan terasa sepi. Tetapi, bagi anda yang tidak menyukai keramaian, waktu ini sangat pas jika wisatawan ingin menikmati Solo dengan lebih tenang. Terlebih lagi, sepanjang bulan Februari di Solo digelar festival Solo Great Sale yang bisa anda temukan di berbagai pusat perbelanjaan di Kota Solo.

Saat musim hujan, akan lebih baik jika anda menghindari datang ke Solo. Bulan November – Januari adalah saat puncak musim hujan. Sungai Bengawan Solo sering meluap dan membanjiri sejumlah wilayah di Solo.

Saat cuaca terbaik biasanya terjadi di bulan Juni hingga September. Pada bulan ini, Kota Solo tengah memasuki musim kemarau.

Anda bisa mengecek agenda wisata tahunan di kota Solo untuk menyesuaikan kunjungan dengan waktu ketiak pemerintah Solo menyelenggaraan acara-acara menarik. Pada umumnya, beberapa acara di Solo diselenggarakan setiap tahun, seperti Solo Menari 24 Jam (April), Solo Indonesia Culinary Festival (April), Solo Batik Carnival (Juli), Solo International Performing Art (September), dan International Mask Festival (Oktober).

Tips Melakukan Perjalanan Wisata Dengan Mobil di Solo

Jika Anda berencana melakukan perjalanan wisata ke Solo, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda merencanakan dan menikmati perjalanan tersebut:

  1. Penelitian dan Perencanaan Awal:

    • Lakukan penelitian tentang tempat-tempat wisata yang ingin Anda kunjungi di Solo. Buat daftar tujuan wisata yang menarik minat Anda.
    • Periksa cuaca dan musim liburan di Solo untuk memilih waktu yang tepat untuk perjalanan Anda.
    • Buat rencana perjalanan dengan mengatur tujuan wisata sesuai dengan waktu yang tersedia.
  2. Transportasi:

    • Pertimbangkan opsi transportasi yang nyaman dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda dapat menyewa mobil, menggunakan layanan taksi, atau menggunakan transportasi umum seperti angkutan kota.
    • Jika Anda memilih untuk menyewa mobil, pastikan Anda memesan lebih awal dan memastikan armada yang tersedia sesuai dengan kebutuhan Anda.
  3. Akomodasi:

    • Pilih akomodasi yang sesuai dengan preferensi dan anggaran Anda. Solo memiliki berbagai jenis akomodasi mulai dari hotel, penginapan, hingga guest house.
    • Periksa ulasan dan rating penginapan sebelum melakukan reservasi untuk memastikan kualitas dan kepuasan pengunjung sebelumnya.
  4. Makanan:

    • Jangan lewatkan mencoba makanan khas Solo seperti nasi liwet, serabi, gudeg, dan tengkleng. Jelajahi juga warung makan atau restoran lokal yang terkenal dengan hidangan tradisional Solo.
    • Jangan ragu untuk mencoba makanan jalanan atau pedagang kaki lima yang menyajikan hidangan lezat dan unik.
  5. Pakaian dan Perlengkapan:

    • Pastikan Anda membawa pakaian yang sesuai dengan cuaca di Solo. Selalu periksa perkiraan cuaca sebelum berangkat.
    • Selain itu, bawalah perlengkapan dan aksesori yang dibutuhkan seperti topi, kacamata hitam, dan sunblock jika Anda berencana untuk menghabiskan waktu di luar ruangan.
  6. Interaksi dengan Penduduk Lokal:

    • Salah satu daya tarik Solo adalah keramahan dan kehangatan penduduknya. Manfaatkan kesempatan untuk berinteraksi dengan penduduk setempat dan belajar tentang budaya dan tradisi mereka.
  7. Keamanan dan Kesehatan:

    • Selalu prioritaskan keamanan dan kesehatan Anda. Jaga barang berharga Anda dengan baik dan waspadalah terhadap penipuan atau kejahatan di tempat umum.
    • Pastikan Anda memiliki asuransi perjalanan yang mencakup keadaan darurat dan perawatan medis.
    • Bawalah obat-obatan pribadi dan pertolongan pertama sesuai kebutuhan.
  8. Jangan Lupakan Solo’s Cultural Heritage:

    • Solo memiliki banyak tempat bersejarah dan kebudayaan yang layak dikunjungi, seperti Keraton Kasunanan Solo, Museum Keris, dan Pasar Klewer. Jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi kekayaan budaya Solo.
    • Dengan merencanakan perjalan wisata di Solo dengan baik dan mengikuti tips di atas, Anda dapat memaksimalkan pengalaman perjalanan Anda. Berikut adalah beberapa tips tambahan:
  1. Jangan lupa untuk mengatur waktu dengan baik:

    • Pastikan Anda mengatur waktu dengan baik untuk setiap tujuan wisata yang ingin Anda kunjungi. Periksa jam buka dan tutup serta waktu tempuh antara lokasi yang berbeda.
    • Buat jadwal perjalanan yang realistis dan berikan waktu tambahan untuk perjalanan dan istirahat.
  2. Gunakan peta atau aplikasi:

    • Bawalah peta kota Solo atau gunakan aplikasi peta digital untuk membantu Anda menavigasi dan mencari lokasi tujuan wisata.
    • Aplikasi transportasi online juga bisa menjadi pilihan yang baik untuk memudahkan perjalanan Anda.
  3. Belajar beberapa kata dalam bahasa Jawa:

    • Mengenal beberapa frasa atau kata dalam bahasa Jawa dapat membantu Anda berkomunikasi dengan penduduk setempat dan menciptakan hubungan yang lebih baik.
    • Penduduk setempat akan menghargai upaya Anda untuk berbicara dalam bahasa mereka.
  4. Jelajahi Pasar Tradisional:

    • Solo memiliki banyak pasar tradisional yang menarik, seperti Pasar Klewer dan Pasar Gede. Jelajahi pasar-pasar ini untuk merasakan atmosfer lokal, mencari oleh-oleh khas, atau mencicipi makanan lokal yang lezat.
  5. Ikuti Acara Budaya dan Festival:

    • Solo dikenal dengan kekayaan budaya dan tradisi yang kuat. Periksalah jadwal acara budaya dan festival yang mungkin berlangsung saat Anda mengunjungi Solo.
    • Bergabunglah dengan acara tersebut untuk merasakan budaya, tarian, musik, dan seni tradisional Solo.
  6. Jaga Kebersihan dan Lingkungan:

    • Penting untuk menjaga kebersihan dan merawat lingkungan selama perjalanan. Bawalah kantong plastik atau tumbler sendiri untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai.
    • Selalu ikuti aturan dan tanda yang ada di tempat-tempat wisata yang Anda kunjungi.
  7. Berinteraksi dengan Penduduk Lokal:

    • Jangan ragu untuk berbicara dengan penduduk setempat dan meminta rekomendasi tentang tempat-tempat tersembunyi atau makanan lokal yang lezat.
    • Menerima keramahan penduduk setempat dan menghormati budaya mereka akan membuat perjalanan Anda lebih berkesan.

Semoga tips di atas membantu Anda merencanakan dan menikmati perjalanan wisata Anda di Solo dengan baik. Selamat menikmati pengalaman baru dan mengeksplorasi keindahan kota Solo!

Bagi anda yang ingin bertamasya ke kota Solo dengan memilih naik mobil, terutama dengan menyewa mobil, anda perlu memperhatikan beberapa tips berikut ini:

Pastikan anda untuk selalu membandingkan satu rental mobil dengan rental yang lain.
Jangan anda terpesona dengan sewa mobil yang menawarkan harga murah. Anda harus megecek kembali status rental mobil tersebut dengan melihat review yang diberikan pengguna sebelumnya.

Pada saat tiba musim liburan, rental mobil banyak yang telah dipesan oleh banyak wisatawan. Oleh sebabnya, anda lebih baik memesan dari jauh-jauh hari.
Menyewa mobil dengan menggunakan sopir adalah cara yang aman dan nyaman serta tepat karena anda akan bisa lebih puas menikmati liburan.

Anda lebih baik memilih sopir yang berusia muda karena biasanya ia memiliki fisik yang lebih baik, serta lebih memahami rute dan kondisi jalan.

Anda perlu mengetahui bahwa setiap reantal mobil memiliki kebijakan yang berbeda. Maka, anda perlu membaca syarat dan ketentuan rental mobil dengan saksama sebelum anda melakukan pemesanan.

Sebelum anda memakai mobil, anda harus memastikan kondisi mobil yang anda sewa masih dalam kondisi prima. Jika anda memilih mengendarai sendiri mobil yang anda sewa, anda harus memastikan surat-surat kendaraan serta kelengkapan isi mobil seperti ban serep dan dongkrak.

 

Daftar Hotel di Solo / Kota Surakarta

Sewa Mobil Solo – Berlibur di Solo pastinya seru dan menyenangkan. Nah agar liburan Anda berjalan dengan lancar. Ada baiknya anda harus mengetahui daftar dan info penginapan yang ada di kota Solo. Untukk mengetahui harganya, anda bisa menghubungi langsung ke bagian reservasi hotel:


Hotel BINTANG 5 Solo *****

  1. HOTEL LOR IN  : Jl. Adi Sucipto No 47 Solo.   Telp (0271)724500 Fax (0271)724400
  2. HOTEL SAHID JAYA : Jl. Gajah Mada No 82 Solo. Telp (0271)644144 Fax (0271)644133
  3. KUSUMA SAHID PRINCE HOTEL : Jl. Sugiyopranoto, Solo. Telp(0271)646356 Fax(0271)646356

Hotel BINTANG 4 Solo ****

  1.  HOTEL NOVOTEL : Jl. Slamet Riyadi No 272 Solo. Telp(0271)724666 Fax(0271)724666
  2. THE SUNAN HOTEL : Jl. Ahmad Yani No 40 Solo. Telp(0271)731312 Fax(0271)738677

Hotel BINTANG 3 Solo ***

  1. HOTEL RIYADI PALACE : Jl. Slamet Riyadi No 335 Solo. Telp(0271)713300 Fax(0271)721552
  2. HOTEL SOLO INN : Jl. Slamet Riyadi No 366, Solo. Telp(0271)716075 Fax(0271)716076
  3. HOTEL AGAS INTERNATIONAL : Jl.Dr. Muwardi No. 44 Solo. Telp (0271)714888 Fax(0271)720747
  4. HOTEL INDAH PALACE : Jl. Veteran No 284 Solo. Telp(0271)711011 Fax(0271)724368
  5. HOTEL DANA : Jl. Slamet Riyadi No 286 Solo. Telp (0271)7118989 Fax(0271)713880
  6. HOTEL GRAND SETIA KAWAN BARU : Jl.Ahmad Yani No 290 Solo. (0271)718989 Fax(0271)715243
  7. HOTEL ASIA : Jl. Monginsidi No 01 Solo. Telp(0271)661166 Fax(0271)646418
  8. HOTEL IBIS : Jl. Slamet Riyadi No 272 Solo. Telp(0271)724555 Fax(0271)724666

 

HOTEL BINTANG 2 Solo **

  1. HOTEL PRAMESTHI : Jl. A. Yani 101 Kartasura, Solo. Telp(0271)782277 Fax(0271)784245
  2. HOTEL KUSUMA KARTIKA SARI : Jl. Ir. Sutami. No 63 Solo. Telp(0271)656861 Fax(0271)656862
  3. HOTEL DIAMOND : Jl. Slamet Riyadi No 392 Solo. Telp (0271)726232 Fax(0271)715343
  4. HOTEL GRAND ORCHID : Jl. Gajah Mada No 29 Solo. Telp(0271)731888 Fax(0271)712233
  5. HOTEL GRAND SOBA : Jl. Raya Langenharjo Dlopo Blok GE 30-31 Solo Baru, Sukoharjo. Telp(0271)626698
  6. HOTEL BINTANG : Jl. Ir. Sutami No 104 Solo. Telp(0271)648737 Fax(0271)646418

HOTEL BINTANG 1  Solo *

  1. HOTEL SANASHTRI : Jl. Sutawijaya No.45 Solo. Telp(0271)718308 Fax(0271)715807
  2. HOTEL INDAH JAYA : Jl. Hasanudin No 116 -118 Solo. Telp(0271)717445 Fax(0271)715444
  3. HOTEL GRAHA INDAH BARU : Jl. Dr. Setiabudi NBo 39 Solo. Telp(0271)714755
  4. HOTEL WISATA INDAH : Jl. Slamet Riyadi No 173 Solo. Telp(0271)646770, 643753
  5. HOTEL KOMAJAYA KOMARATIH : Jl. Lawu Kav 150-151 Tawangmangu Telp.(0271)697125 Fax(0271)697205


HOTEL MELATI SOLO

  1. HOTEL BARON INDAH : Jl. Dr. Rajiman No 374 Solo. (0271)729071 Fax(0271)732090
  2. HOTEL TRIHADI : Jl. Monginsidi No 97 Solo. Telp(0271)637557
  3. HOTEL ARINI : Jl. Slamet Riyadi No 361 Solo. Telp(0271)716525
  4. HOTEL MANDALA WISATA : Jl. Perintis Kemerdekaan No 12 Solo. Telp(0271)722467 Fax(0271)742006
  5. HOTEL GRIYA KENCANA : Jl. Latar Ireng No 22 Solo Telp(0271)722467 Fax(0271)742935
  6. HOTEL MAWAR INDRIA : Jl. Monginsidi No 125 Solo. Telp(0271)632810 Fax(0271)652389
  7. HOTEL SUKA MAREM : Jl. dr. Sutomo No 11 Solo. Telp(0271)714887
  8. DE SOLO BOUTIQUE HOTEL : Jl. Dr. Sutomo No 08 Solo. Telp(0271)714887
  9. HOTEL ATINA GRAHA : Jl. Bangka No 30 Solo. Telp(0271)654549
  10. HOTEL TIARA PUSPITA BARU: Jl. Dr. Rajiman No 404 Solo. Telp(0271)729805
  11. HOTEL PRASASTI : Jl. Letjen Suprapto No 81 Solo. Telp(0271)723990
  12. HOTEL WISMA BRANI : Jl. Setiyaki I/VII Solo. Telp(0271)714177

Semoga bermanfaat bagi Anda dan selamat berlibur di Kota Solo. Disini kami juga menyediakan jasa Sewa Mobil Solo untuk anda yang berlibur di kota Solo. (berbagai sumber)