Mei24 , 2024

    Prestasi Ekonomi Gibran di Solo Hingga Jadi Cawapres Prabowo

    Related

    5 Prestasi Gibran Rakabuming Wali Kota Solo

    5 Prestasi Gibran Rakabuming Raka Sebagai Wali Kota Solo Gibran...

    Prestasi Ekonomi Gibran di Solo Hingga Jadi Cawapres Prabowo

    Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka resmi menjadi calon wakil...

    Prestasi dan Program Gibran Rakabuming Raka sebagai Wali Kota Solo

    Sebagai Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka telah memperkenalkan...

    Dampak Sosial dan Ekonomi Kepemimpinan Gibran Rakabuming Raka di Kota Solo

    Dampak Sosial dan Ekonomi Kepemimpinan Gibran Rakabuming Raka di...

    Profil Lengkap dan Prestasi Gibran Rakabuming Raka, Wali Kota Solo yang Inovatif

    Gibran Rakabuming Raka, anak sulung dari Presiden Joko Widodo,...

    Share

    Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka resmi menjadi calon wakil presiden (cawapres) pendamping Prabowo Subianto untuk Pilpres 2024.
    Hal itu diumumkan usai pertemuan para ketua umum partai Koalisi Indonesia Maju (KIM) pengusung Prabowo di Kertanegara, Minggu (22/10) malam.

    Gibran sendiri belum genap tiga tahun menjabat sebagai wali kota Solo. Ia menjabat posisi tersebut pada Januari 2021.
    Saat awal menjabat, Gibran mengatakan prioritasnya adalah percepatan pemulihan ekonomi dan masalah kesehatan yang menjadi fokus-nya.

    Beberapa waktu belakangan, Gibran mengklaim pertumbuhan ekonomi di Solo naik ke 6,25 persen pada 2022 di bawah kepemimpinannya.

    Gibran menyebut saat awal dirinya menjabat sebagai walikota, pertumbuhan ekonomi di Solo minus 1,74 persen. Setelah dirinya menjabat, ekonomi tumbuh menjadi 6,25 persen.

    “Waktu pertama kali saya menjabat itu pertumbuhan ekonominya minus 1,74, sekarang kita di Jawa termasuk paling tinggi karena pertumbuhan ekonominya 6,25 persen. Rata-rata nasional hanya 5,3 persen. Kita nggak main-main kalau dikasih amanah,” kata Gibran dikutip dari detik.com, Selasa (16/5).

    Lantas seperti apa perekonomian Solo di bawah kepemimpinan Gibran?

    Mengutip Badan Pusat Statistik (BPS), perekonomian Kota Surakarta pada 2022 berdasarkan besaran Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga berlaku (ADHB) mencapai Rp55.964,8 miliar.

    Sementara, pertumbuhan ekonomi Surakarta tumbuh sebesar 6,25 persen pada 2022. Angka ini lebih tinggi dibandingkan capaian pada 2021 yang tumbuh 4,01
    persen.

    Dari sisi produksi, pertumbuhan tertinggi dicapai oleh lapangan usaha transportasi dan pergudangan yaitu sebesar 131,39 persen. Sedangkan dari sisi pengeluaran, kenaikan tertinggi dicatat oleh komponen pengeluaran konsumsi lembaga nonprofit yang melayani rumah tangga, yaitu sebesar 5,85 persen.

    Secara struktur, lapangan usaha konstruksi mendominasi struktur ekonomi Kota Surakarta pada 2022 dengan kontribusi sebesar 25,94 persen.

    Sedangkan, dari sisi pengeluaran didominasi oleh Komponen Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) dengan kontribusi sebesar 64,29 persen.

    Terkait inflasi, di masa kepemimpinan Gibran inflasi cenderung naik secara tahunan. Tercatat, inflasi di Solo mencapai 2,58 persen pada 2021.

    Angka tersebut lebih tinggi dari inflasi tahunan pada 2021, yakni 1,38 persen.

    Inflasi pun melambung pada 2022, yakni mencapai 7,03 persen.

    Adapun untuk 2023, secara bulanan inflasi mencapai 0,32 persen pada Januari. Kemudian, naik menjadi 0,48 persen pada Februari.

    Sementara, pada Maret inflasi turun menjadi 0,24 persen. Inflasi pun kembali naik tipis menjadi 0,27 persen pada April.

    Pada Mei, inflasi turun menjadi 0,19 persen dan turun lagi menjadi 0,09 persen pada Juni. Selanjutnya, inflasi naik menjadi 0,31 persen pada Juli.

    Inflasi juga kembali turun menjadi 0,03 persen pada Agustus. Namun, inflasi kembali naik menjadi 0,42 persen pada September.

    Prestasi Ekonomi Gibran di Solo Hingga Menjadi Calon Wakil Presiden Bersama Prabowo

    Sejak terpilih menjadi Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka telah menunjukkan keberhasilan signifikan dalam bidang ekonomi, yang mengantarkannya menjadi sosok penting di panggung politik nasional, termasuk sebagai calon Wakil Presiden mendampingi Prabowo. Artikel ini akan mengulas pencapaian ekonomi yang telah dia raih di Solo dan bagaimana hal tersebut berkontribusi pada reputasi politiknya.

    Pertumbuhan Ekonomi Solo

    Gibran telah fokus pada pengembangan ekonomi Solo, terutama melalui pemberdayaan sektor UMKM dan pariwisata. Di bawah kepemimpinannya, Solo mengalami pertumbuhan ekonomi yang konsisten, ditandai dengan peningkatan pendapatan daerah dan pengurangan tingkat kemiskinan. Revitalisasi pasar tradisional dan program pemberdayaan UMKM menjadi tonggak penting dalam strategi ekonomi Gibran, menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan pendapatan masyarakat lokal.

    Inovasi di Sektor Pariwisata

    Gibran juga menaruh perhatian besar pada pengembangan pariwisata di Solo. Inisiatifnya termasuk mempromosikan festival budaya, memperbaiki infrastruktur pariwisata, dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada turis. Peningkatan jumlah wisatawan baik domestik maupun internasional menunjukkan keberhasilan program-program ini, yang juga berdampak positif pada ekonomi lokal.

    Peningkatan Infrastruktur dan Pelayanan Publik

    Investasi di infrastruktur dan peningkatan pelayanan publik juga menjadi fokus Gibran. Ini termasuk pengembangan fasilitas kesehatan, pendidikan, dan transportasi, yang tidak hanya meningkatkan kualitas hidup warga, tetapi juga mendukung pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan.

    Langkah Menuju Panggung Nasional

    Prestasi ekonomi yang diraih Gibran di Solo telah memberinya reputasi sebagai pemimpin yang mampu menerapkan inovasi dan perubahan positif. Kemampuannya dalam mengelola ekonomi kota dan membangun program yang berorientasi pada kesejahteraan masyarakat menjadikannya pilihan yang cocok sebagai calon Wakil Presiden mendampingi Prabowo. Kredibilitas dan popularitasnya di Solo menjadi aset penting dalam karir politiknya di tingkat nasional.

    Kepemimpinan Gibran Rakabuming Raka di Solo telah membawa perubahan ekonomi yang signifikan dan berdampak positif pada kehidupan warga. Prestasi ini tidak hanya mengukuhkan posisinya sebagai pemimpin daerah yang sukses tetapi juga membuka jalan bagi karir politiknya di tingkat yang lebih tinggi, termasuk sebagai calon Wakil Presiden Indonesia. Dengan latar belakang dan pengalaman ini, Gibran membawa harapan baru bagi masa depan politik Indonesia.

     

    spot_img